Praline Kinclong

Posted by Rina on 10.02 with No comments
Ibu-ibu ada yang udah pernah nyoba bikin praline sendiri tapi masih penasaran kenapa kok si praline buatan sendiri gak bisa sekinclong yang biasa dibeli ?



Ada beberapa penyebab mengapa praline buatan kita tidak bisa mengkilap cantik :

  1. Setelah dilelehkan, cokelat tidak diaduk dengan benar sampai suhunya rata sebelum dicetak.
  2. Cetakan praline ada bagian yang basah sehingga menyebabkan bercak putih atau belang pada praline dan tidak mengkilap. 
  3. Penyimpanan praline yang terlalu lama dalam lemari es. 
Jadi, bagaimana tips membuat praline yang cantik mengkilat ?
  1. Lelehkan coklat dengan cara ditim. Jika tidak punya panci khusus untuk mengetim coklat, bisa dipakai panci biasa dengan ukuran yang pas yang dapat memastikan tidak ada tetesan air ke coklat atau coklat terkena uap air. Saat melelehkan coklat harus diaduk sampai suhu nya rata benar.
  2. Lap sampai kering cetakan praline yang akan digunakan.
  3. Saat melelehkan white chocolate, jangan sampai ada grindilan. Gerindilan ini disebabkan oleh panas atau uap air atau  bisa juga disebabkan waktu melumerkan tidak diaduk dengan rata sehingga bagian bawah terkena panas berlebihan. Untuk menghindarinya, simpan white chocolate pada tempat sejuk dan kering, hindari kontak langsung dengan panas. 
  4. Lakukan pembekuan praline dalam lemari es sesingkat mungkin, sekitar 15-20 menit. 
  5. Simpan cokelat (baik bentuk batangan maupun setelah jadi praline) dalam suhu 22'C-28'C dan jangan menyimpan coklat di kulkas.
Demikian tips hari ini, semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Posting Komentar