Fondant (Plastic Icing)

Posted by Rina on 07.39 with No comments

Fondan atau biasa disebut juga dengan plastic icing merupakan bahan untuk menghias cake yang saat ini lagi naik daun. Kalo jaman saya kecil dulu, ibu selalu bikinnya tart yang pakai krim gitu, nah sekarang kebanyakan orang rikues dekornya pake fondan. Karena fondan ini sifatnya elastis banget, mudah dibentuk-bentuk sesuai keinginan kita. Jadi tema cake yang didekor pakai fondan bisa sangat beragam. Fondan bisa dibentuk figurin tiga dimensi, bunga, pita, renda, dll.

Fondan dibuat dari campuran gula, gelatine, glucose, glyserin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga fondan rasanya manis. Kita bisa membuat adonan fondan sendiri, tapi yaaa siap-siap ribet yaa hehe...lebih praktis beli jadi aja yang siap pakai, tinggal uleni dan bentuk sesuai keinginan kita.

Fondan siap pakai bentuknya seperti lilin mainan anak-anak. Adonan dasarnya berwarna putih, tetapi saat ini juga udah banyak online shop yang menyediakan fondan berwarna. Jadi benar-benar siap pakai :)

Saat ini di pasaran ada dua merk yang beredar, yaitu Bakels dan FonDX. Yang sudah bersertifikat halal adalah merk Bakels, Australia. Terlampir sertifikat halal nya, tapi maaf saya belum punya foto update nya yang terbaru...Coba di gooling sendiri ya  :)





0 komentar:

Posting Komentar